Thursday, February 1, 2018

Merespon Kegagalan



Ada tiga macam orang dalam merespon kegagalan :

1. Mencari alasan dan menyerah.

Mereka akan mencari alasan dan menyalahkan semua hal serta semua orang yang ada dilingkungan mereka. Kelompok pertama ini akan berhenti melakukan tindakan dan menyerah.

2. Melakukan hal atau cara (strategi) yang sama terus-menerus

Kelompok ini adalah kelompok yang tekun dan ulet, mereka pantang menyerah. Walaupun gagal mereka mencoba lagi dengan lebih ulet dan giat.


Mereka terus melakukan tindakan dan upaya lebih keras. Tidak perduli berapa kali mereka gagal, mereka akan mencoba lagi, mengulang lagi tindakan yang sama.

Apakah mereka akan berhasil? Mereka tidak akan pernah sukses dengan mencoba lagi dan mencoba lagi. Mengapa? Karena mereka mengambil tindakan yang sama terus menerus tanpa mengubah strategi.

Jika Anda terus-menerus menggunakan cara atau strategi yang sama untuk melakukan sesuatu, Anda akan terus mendapatkan hasil yang sama.

Jangan berharap mendapatkan hasil berbeda  dengan melakukan tindakan dari strategi yang sama.


3. Kegagalan dijadikan sebagai pengalaman, kemudian diolah menjadi umpan balik guna mengubah strategi dan mengambil tindakan sampai sukses.

Kelompok terakhir ini lebih bijaksana. Mereka melihat kegagalan sebagai pengalaman, kemudian diolah sebagai umpan balik yang mereka gunakan dalam mengubah strategi yang telah dilakukan.

Setelah itu mereka mengambil tindakan dengan menggunakan strategi yang baru. Bila hasilnya masih berupa kegagalan maka mereka menganalisa kembali dan menggunakan sebagai umpan balik kembali untuk kemudian membuat strategi baru.

Selanjutnya melakukan tindakan dengan strategi yang baru. Begitu seterusnya proses itu berlangsung sampai mereka berhasil.

No comments: