Monday, February 19, 2018

PERANG ASIMETRIS !!!

CHINA AKAN JADIKAN INDONESIA SEBAGAI AFRIKA KE-2, SELAMAT DATANG DI PERANG ASIMETRIS !!!*
[ *_kita smua hrs tahu apa yang sedang terjadi di negeri ini_*]
Sebagai info dan renungan bangsa Indonesia....
■ *Perang Asimetris* *_merupakan metode peperangan gaya baru secara non militer_*, *tetapi memiliki daya hancur tidak kalah hebat bahkan dampaknya lebih dahsyat dari perang militer*.
◆ *Sasaran Perang Asimetris ini ada tiga*:
1. *_Membelokkan sistem sebuah negara sesuai arah kepentingan kolonialisme/kapitalisme_*.
2. *_Melemahkan ideologi serta mengubah pola pikir rakyat_*.
3. *_Menghancurkan 'food security' (ketahanan pangan) dan 'energy security' (jaminan pasokan dan ketahanan energi) sebuah bangsa, selanjutnya menciptakan ketergantungan negara target terhadap negara lain dalam hal 'food and energy security'_*.

◆ *Bentuk "Perang Asimetris"*_diantaranya_ melalui *_"mengubah kebijakan negara sasaran"_* *dengan ciri non kekerasan*.
● Pertanyaannya kini, “Bagaimana modus Perang Asimetris yang sering dilakukan oleh Cina?”
◆ Sejak reformasinya, Cina mengalami masa transformasi dan konvergensi ke arah kapitalisme yang melahirkan
*'One Country and Two System'*,
yakni *_sistem negara dengan elaborasi ideologi sosialis/komunis dan kapitalis_*.
* Dengan kata lain, *_model perekonomian boleh saja bebas sebagaimana kapitalisme berpola mengurai pasar, namun secara politis tetap dalam kontrol negara cq Partai Komunis Cina_*.
* Artinya, *para pengusaha boleh didepan membuka ladang-ladang usaha diluar negeri, tetapi ada 'back up' militer (negara) dibelakangnya*! .
◆ Itulah titik poin konsepsi 'One Country and Two System' yang kini tengah dijalankan oleh Cina di berbagai belahan dunia.
◆ Ciri lain Cina dalam menerapkan reformasi politiknya, jika kedalam gunakan " *pendekatan Naga*": *_terhadap rakyatnya, sangat keras, tegas, bahkan tanpa kompromi demi stabilitas internal negeri_*.
*Sebaliknya ketika Cina melangkahkan kaki keluar*, *_tata cara diubah menerapkan "pendekatan Panda"_* (simpatik), dalam bentuk :
*Menebar investasi atau “bantuan dan hibah” dalam wujud pembangunan gedung-gedung, infrastruktur* dan lainnya, sudah barang tentu *_dengan persyaratan “tersirat” -nya yang mengikat_*.
◆ Pendekatan Panda merupakan ruh atau jiwa pada model "perang asimetris" yang sering dikerjakan oleh Cina.
■ *'Turnkey Project Management'*, adalah *_sebuah model "investasi asing" yang ditawarkan dan disyaratkan oleh Cina kepada negara peminta dengan “sistem satu paket,”_* artinya :
*_Mulai dari 'top management', pendanaan, materiil dan mesin, tenaga ahli, bahkan metode dan tenaga (kuli) kasarnya di 'dropping' dari Cina_*.
◆ *Modus Turnkey Project ini relatif sukses dijalankan di Afrika*_sehingga warganya_ *_migrasi besar-besaran bahkan tak sedikit yang menikah dengan penduduk lokal_*. *Mereka menganggap Afrika kini sebagai tanah airnya kedua*! .
● Beberapa investasi Cina di Indonesia, sebenarnya telah menerapkan modus ini. Memang bukan barang baru, karena sejak dulu sudah berjalan antara lain :
● Pembangunan pembangkit tenaga listrik di Purwakarta, hampir semua tenaga kerja mulai dari direksi hingga kuli bangunan didatangkan dari negeri Cina.
● Demikian juga yang akan terjadi di Medan, Cina membawa sekitar 50.000 orang tenaga kerjanya dari Cina.
● Bila investasinya di Medan saja mendatangkan sekitar 50.000-an orang, lalu berapa warga lagi bakal migrasi melalui investasi Cina pada 24 pelabuhan laut, 14 pelabuhan udara dan sekitar 8000-an Km jalur Kereta Api di Indonesia, selain rencana mempererat hubungan bilateral Cina - Indonesia menargetkan pertukaran sepuluh juta warganya dalam berbagai bidang pada dekade 2020 an nanti.?
◆ Rencana tersebut tentu berpeluang menimbulkan persaingan budaya antara warga Cina dengan pribumi. Bisa terjadi pertarungan untuk mempertahankan siapa lebih dominan, mengingat jumlah 10 juta jiwa itu bukan sedikit.
( *sebagai pengetahuan utk kita semua. trims*)

No comments: