*MURID BODOH*
Seorang guru bahasa Arab pengganti memasuki ruangan kelas di sebuah Madrasah Ibtidaiyah.
Ia menggantikan guru pelajaran itu sampai akhir semester
Ia memulai pembelajaran di kelas itu.
Ketika ia bertanya pd seorg murid laki2 yg duduk di bangku depan, ia bingung karena tiba2 suasana kelas menjd riuh, murid2 lain tertawa tanpa sebab.
Karena sudah kenyang dengan pengalaman mengajar, ia faham betul, pastilah ada sesuatu yg ditertawakan oleh anak2 di kelas itu pada diri anak laki2 yg ditanya olehnya tadi.
Setelah diselidiki ternyata anak laki2 itu dikenal sebagai murid yg paling bodoh di kelas itu.
Teman2nya bgtu meremehkan nya sehingga sering meng-olok2 dan mentertawakannya.
Suatu hari seusai pelajaran ia memanggil murid yg dianggap bodoh itu stlh seluruh teman2nya pulang.
Ia berkata sambil memberikan secarik kertas:
_“Hafalkan bait2 syair yg ada di kertas ini. Harus hafal betul. Dan ingat jangan engkau beritahukan kepada teman2mu, siapapun!”_
Murid itu mengangguk patuh.
Seminggu kemudian, guru menyampaikan pelajaran baru di kelas itu, ia menulis syair di papan tulis, menerangkannya dan membacakannya ber-ulang2,.
Setelah itu ia berkata;
_“Nah sekarang siapa yg hafal bait2 syair ini?”_
tanyanya sambil perlahan ia menghapus tulisan syair itu di papan tulis.
Tak seorang murid pun mengangkat tangan kecuali, murid yg dikenal bodoh oleh teman2nya itu.
Perlahan sambil malu2 ia berdiri dan menghafalkan bait2 syair itu.
Hafalannya lancar sekali.
Teman2nya yg biasa meng-olok2 dan mentertawakan, semua terkejut dan terdiam.
Guru itu memujinya & menyuruh teman2nya untuk bertepuk tangan menghormatinya
Demikianlah berulang kali guru bahasa arab ini memberikan kertas hafalan2 kepd si murid bodoh itu.
Tertawaan dan cemoohan teman2nya kini berubah menjadi kekaguman padanya.
Hal ini mendorong perubahan besar pd jiwa si murid itu.
Ia mulai percaya diri & meyakini bahwa dia tdk lah bodoh.
Ia merasa mampu untk bersaing dgn teman2 sekelasnya.
Perubahan ini mendorongnya untk semangat dan ber-sungguh2 belajar di semua mata pelajaran.
Ketika ujian akhir tiba, murid ini berhasil lulus untuk tiap mata pelajaran dengan nilai yg sangat memuaskan.
*******
Si murid bodoh itu kini menjadi kandidat DOKTOR di sebuah universitas ternama di kotanya..!
(Kisah ini dia tulis di sebuah koran sebagai pujian dan ungkapan terima kasih kepada gurunya itu.
Ia pun mendoakan agar gurunya itu beroleh pahala dr ALLAH & kebaikan krn jasa2nya)
*******
Saudaraku...
Manusia yg berteman dgn kita *ada dua jenis.*
Yg satu jenis manusia yg *membuka jalan kebaikan menutup jalan keburukan*
Manusia jenis ini akan selalu *memberi kita harapan, optimisme, menolong & melapangkan.*
Yang kedua, jenis manusia yang *membuka jalan keburukan menutup jalan kebaikan.*
Manusia jenis ini akan selalu memutus harapan & cita2 dr kita.
*Ia slalu menebar duri & kerikil di jalan yg akan kita lalui, berupa pesimisme, putus asa, curiga, buruk sangka & berbagai hal yg memadamkan semangat kita berkarya.*
Ingatlah saudaraku...
*Keindahan sikap, tutur & prilaku, adalah mahkota jiwa.*
*Pendidikan bukanlah sekadar proses mengisi wadah yg kosong,*
*Tapi pendidikan adlh proses menyalakan api pikiran.*
*Ilmu tanpa budi adalah kerapuhan jiwa. Itulah sebabnya pendidikan berkarakter menjadi kebutuhan mendasar.*
*Kecerdasan & karakter adalah terminal sejati pendidikan, menuju pemuliaan kehidupan.*
Semoga kita semua mampu menjadi pendidik yang bijak bagi orang-orang di sekeliling kita...
Selamat beraktifitas, saudara-riku tercinta...
😊❤💕
No comments:
Post a Comment