Wednesday, January 24, 2018

Tarbiyyah Islamiyyah anak

Hasil gambar untuk Tarbiyyah Islamiyyah anak

Tarbiyyah Islamiyyah anak artinya adalah menyiapkan anak agar sesuai dengan syariat dalam semua sisi kehidupan..

Terutama adalah sisi keimanan, dengan menanamkan aqidah yg benar..
Kemudian dalam sisi kejiwaan, misalnya dengan memperlihatkan kemesraan abi umi dihadapan anak sehingga merasa tenang dengan keberadaan keduanya, dengan mendekapnya di masa kecil, tidak kurang satu kali setiap hari dan hal itu memberikan pengaruh yg besar bagi sisi kejiwaan anak..

Juga dengan mengadakan rekreasi kecil, sepekan satu kali atau 2 pekan satu kali..
Termasuk juga dengan mengikutkannya dalam pembicaraan orang orang besar dan memberikannya kesempatan belajar mencerna hal hal penting..sebagaimana Rasul SAW mengikuti urusan pembicaraan orang orang besar semenjak kecil, sampai sampai diperbolehkan duduk di kursi khusus kakeknya Abdul Muthalib, semasa ia hidup..

Kemudian dari sisi keilmuan..dengan mengajarkannya ibadah,
"Perintahkanlah anak anakmu untuk shalat di umur 7 tahun dan pukullah jika ia tidak shalat di umur sepuluh..

Di antaranya juga adalah dengan mengirimkannya  untuk belajar, seperti kisah rabi'ah ar ra'y, yg ditinggal abinya Farruj untuk pergi berjihad, lalu dididik untuk belajar oleh ibunya untuk belajar dengan para imam dan ulama, dengan harta peninggalan harta suaminya.. sehingga menjadi ulama di kampungnya..

Hal yg juga perlu diperhatikan dalam pendidikan anak adalah mengingat dan merasakan urgensi pendidikan anak dan keluarga, di antaranya sebagaimana yg Alloh sebutkan dalam  surat at tahrim ayat 6
"Jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka"

Kemudian, urgensi pendidikan anak yg lainnya adalah memahami bahwa anak adalah penyejuk hati orang tua di dunia dan di akhirat..

Di dunia, karena setiap kebaikan yg anak lakukan atas sebab pendidikan orang tuanya adalah amal jariyah yg akan terus mengalirkan pahala kepada keduanya di dunia sampai akhirat..

Dan juga merupakan penyejuk hati orang tua selanjutnya adalah mereka melihat anak anaknya Istiqomah dalam syariatnya..sebagai qurrata a'yun.. generasi yg tumbuh dalam ketaatan kepada Alloh..

Dan di akhirat, Alloh menyebutkan dalam surat at Thur ayat 21 bahwa derajat orang tua akan naik dengan shalihnya anak anaknya..
Dan dalam sebuah hadits disebutkan bahwa istighfar anak untuk orang tua, akan mengangkat derajat mereka di akhirat yg sampai membuat orang tua terheran dan kaget dari mana kedudukan itu mereka dapat?..lalu Alloh menjawab disebabkan istighfar anakmu..hadist ini dishahihkan Al Albani diriwayatkan oleh imam ahmad..

Di antara urgensi tarbiyyah islamiyyah anak adalah tersebarnya fitnah dengan berbagai macamnya..maka benteng pertama dari semua fitnah itu adalah keluarga islami yg mendidik anak anaknya dengan mata air keislaman.

Sungguh setiap pemimpin keluarga akan ditanya tentang nikmat yg datang kepadanya, apa yg ia perbuat dengan nikmat nikmat itu untuk keshalihan keluarganya...

No comments: