Wednesday, January 24, 2018

FI'IL AMR




فعل الأمر

BAB 3 (Bag-3)
PEMBAGIAN FIIL BERDASARKAN WAKTUNYA
(3)
FI'IL AMR
(٣) فعل الأمر
١) اِلعب بالكُرَّةِ
 
1) Bermainlah bola
٢) اَطْعِمْ قِطَّكَ
2) Berilah makan kucingmu
٣) نَظِّفْ ثِيَابَكَ
3) Bersihkanlah baju-bajumu
٤) نَمْ مُبَكِّرًا
4) Tidurlah segera
٥) تَمَهَّلْ فِي السَّيرِ
5) Pelan-pelanlah dalam berjalan
٦) اَجِدْ مَضْغَ الطَّعَامِ
6) Kunyahlah dengan baik makanan itu

_______________
PEMBAHASAN
_______________
Kata-kata yang pertama pada contoh di atas adalah fiil-fiil. Dikatakan fiil karena masing-masingnya menunjukkan perbuatan yang terjadi pada waktu tertentu.
Jika kita perhatikan fiil-fiil tersebut, kita mendapatkan bahwa orang yang berbicara (mutakallim) dari setiap kalimat pada contoh meminta dan memerintah kepada orang yang diajak berbicara (mukhoththob) untuk melakukan sebuah perbuatan pada waktu yang akan datang (setelah terjadinya percakapan). Oleh karena itu, fiil-fiil yang seperti ini dinamakan fiil amr (kata kerja perintah).
Maka  fiil "اِلْعَبْ" pada contoh nomer satu : mutakallim meminta kepada mukhoththob agar melakukan perbuatan bermain pada waktu yang akan datang. Oleh karena itu, "اِلْعَبْ" dinamakan fiil amr.
Dan fiil "اَطْعِمْ" pada contoh yang kedua, mutakallim meminta kepada mukhoththob agar melakukan perbuatan memberi makan pada waktu yang akan datang. Oleh karena itu, "اِلْعَبْ" juga dinamakan fiil amr.
Dan demikianlah seterusnya penjelasan untuk sisa contoh di atas.
_________
KAEDAH
_________
فعل الأمر هو كل فعل يُطلبُ به حصول شيءٍ في الزمن المستقبل
(6) Fiil Amr adalah setiap fiil yang diminta dengannya sebuah perbuatan tertentu pada waktu yang akan datang (setelah terjadinya percakapan).

No comments: